Sabtu, 17 Maret 2012

STAND UP COMEDY

stand up comedy yang sekarang sedang boming-bomingnya beredar dikalangan masyarakat, yang menjadi gaya hidup baru untuk anak muda. buat yang belum tau stand up comedy itu apa, mungkin saya bisa memberi secuil pengetahuan saya tentang stand up comedy.

stand up comedy itu sebuah lawakan atau guyonan bermutu dan berkualitas yang dilakukan dengan cara berdiri di atas panggung. stand up comedy bukan sekedar guyonan gopek an tapi guyonan yang berkualotas yang biasanya mereka para comic membahas dan membicarakan tentang dunia sehari-hari, mengkritik dunia sosial ataupun politik. biar lebih tau tentang stand up comedy ada beberapa istilah yang digunakan dalam dunia perstand up an, ada
comic adalah sebutan bagi seseorang yang sedang melakukan stand up. biasanya mereka adalah seorang pelawak. para comic melatih kemampuannya dengan sering-sering ngelakuin open mic atau manggung dari tempat- ketempat.
BIT Adalah lelucon yang dibawakan oleh seorang comic dalam set materi jadi setiap comic. kalo ga pengen krik krik di atas panggung seorang comic harus punya bit yang menarik alias ga garing, so pasti bisa menarik petrhatian penonton yang liat.
DILiVERY adalah cara comic untuk menyampaiakn bitnya di atas panggung.
setahu saya ada satu lagi istilah yang digunakan yaitu PERSONA
PERSONA menurut yang saya tahu adalah topeng yang kita gunakan saat kita berada di atas panggung. menurut bang dika comic yang baik itu punya persona yang berbeda dari comic lainnya.
persona bisa kita temuin dari kelemahan dan kelebihan diri kita. persona sangat penting untuk para comic. dengan cara kita menyajikan sebuah guyonan di atas panggung dengan cara kita sendiri.
contohnya: personanya males ya diliverynya dengan males, mata sayu, diliverynya hangat.Contoh2 comic keren dgn persona keren. Persona oracle (pemberi pencerahan) pada George Carlin. Dia seperti berceramah di panggung.tau bisa jadi pemarah, sinis, dan penggerutu seperti Larry David. Dia sering marahin penonton dari atas panggung! dan masih banyak contoh dari para comic. 
jadi buat kalian yang jadi comic mulai sekarang cari deh kalian mau pake persona yang gimana. kalo kita udah nemuin persona nya kita sesuain dilivery, kostum sama gesture kita.
cara ampuh untuk mempertajam persona dengan cara sering manggung, makiun sering stand up, makin melekat persona kita.
sering sering lihat video oara comic yang udah mujur.

pesan dari abang abang yang udah suskses jadi comic hebat dunia maupun Indonesia
 "Persona is what makes you unique as a comic. Remember, you don't need to be better, you just need to be different. :)



0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar tidak dipungut biaya